Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Bisnis Profitable

latest

AFI: Ragam Budaya Jadi Peluang Waralaba Baru

AFI: Ragam Budaya Jadi Peluang Waralaba Baru AFI: Ragam Budaya Jadi Peluang Waralaba Baru Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 22 Juli 2018 - 08:00...

AFI: Ragam Budaya Jadi Peluang Waralaba Baru

AFI: Ragam Budaya Jadi Peluang Waralaba Baru

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 22 Juli 2018 - 08:00 WIB

IFRA 2018 Resmi Dibuka yang berlangsung 20 hingga 22 Juli 2018 di JCC Senayan
IFRA 2018 Resmi Dibuka yang berlangsung 20 hingga 22 Juli 2018 di JCC Senayan

Berita Terkait

Super Indo Tawarkan Peluang Waralaba Supermarket Super Indo Express (INDUSTRY.co.id)
Lebarkan Sayap, Super Indo Tawarkan Peluang Waralaba
Waralaba Cara Efektif Tingkatkan Rasio Kewirausahaan
AFI: Bisnis Waralaba Mampu Serap 2 Juta Tenaga Kerja

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Indonesia memiliki beragam pilihan kuliner mulai dari Mie Aceh, Rendang Padang, Pempek Palembang, Sate Betawi, Gudeg Jogja, Sup Konro Makassar, Ayam Betutu, Bali dan ratusan jenis kuliner lain di nusantara. Indonesia juga memiliki batik dan kain tenun, perawatan kesehatan tradisional, atau sanggar tari dan seni bela diri tradisional.
Kekayaan budaya kita sangatlah luas dan ini merupakan potensi yang sangat layak untuk dikembangkan. Dalam hal seni bela diri, misalnya, kita memiliki silat dari berbagai aliran. “Kita bisa membuka sanggar tari atau silat tradisional melalui sistem waralaba. Saya rasa ini peluang yang masih cukup bagus. Kalau Thailand bisa membawa Muay Thai ke Indonesia, kita juga seharusnya bisa membawa Tari Jaipong atau Saman atau Pencak Silat ke Thailand dan negara lain di Asia, bahkan dunia,” ujar Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Andrew Nugroho.
Industri waralaba, tambah Andrew, merupakan salah satu kontributor dalam memperkuat perekonomian Indonesia. Lebih dari itu, industri waralaba menjadi salah satu langkah strategis guna meningkatkan daya saing bangsa ke pasar internasional. Oleh karena itu, kegiatan International Franchise, License & Business Concept Expo & Conference (IFRA) 2018 yang digelar AFI menjadi langkah penting dalam memajukan industri waralaba dalam negeri.
“Karena itu, setiap tahun kita menyelenggarakan konferensi waralaba yang pada tahun ini sudah masuk usia ke-16. Tahun ini, kita menekankan pentingnya inovasi dalam industri waralaba. Inovasi adalah sebuah keniscayaan untuk meningkatkan daya saing industri waralaba ke ranah global,” jelas Andrew.
Industri waralaba di Indonesia dari tahun ke tahun terus menunjukkan tren peningkatan. Di antara indikasi peningkatan industri waralaba adalah hadirnya lebih dari 200 jaringan waralaba di seluruh Indonesia. Penyebaran tersebut membuka peluang bisnis (business opportunity) di Indonesia yang dalam kurun waktu dua tahun terakhir mengalami peningkatan hingga 15%.
Pertumbuhan peluang bisnis yang kian digemari masyarakat di Indonesia ini diapresi asi oleh IFRA. Bersama dengan Dyandra Promosindo, AFI dan Majalah Franshise Indonesia pada tahun ini, untuk pertama kalinya memberikan penghargaan Top Business Opportunity 2018.
Merek-merek yang terpilih merupakan merek yang dinilai memiliki komitmen tinggi dalam memajukan bisnis waralaba dan mendorong setiap mitra untuk sukses. Merek-merek yang terpilih ini diharapkan mampu menjadi ambassador bagi Indonesia untuk dapat bersaing hingga mancanegara.
Rangkaian kegiatan lain yang menjadi daya tarik pada IFRA 2018 adalah keterlibatan para selebriti dalam negeri di ranah bisnis. Kiprah para selebriti di industri waralaba dibahas dalam program Celebpreneur Talkshow (sharing session the success story of celebpreneur in business). Kegiatan ini diharapkan menjadi penyemangat bagi para pengusaha, khususnya pengusaha pemula yang ingin terjun di industri waralaba.
Para selebriti dalam negeri yang hadir meramaikan IFRA pada hari ini (21/7) antara l ain Dewi Persik, Citra Kirana dan Ivan ‘Govinda’. Dari paparan para selebriti yang hadir dalam sesi talkshow tersebut dapat ditarik benang merah bahwa industri waralaba adalah aset investasi masa depan yang turut serta mendorong perekonomian nasional.
“Salah satu bentuk nyata kontribusi anak muda zaman now bagi bangsa adalah dengan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Semakin banyak anak-anak muda yang terlibat dalam industri waralaba semakin tinggi rasio pengusaha di Indonesia. Saya kira sudah saatnya pula anak muda sadar investasi masa depannya sendiri,” jelas Andrew.
International Franchise, License & Business Concept Expo & Conference (IFRA) 2018 diselenggarakan oleh Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan Dyandra Promosindo sebagai Professional Exhibition Organizer. Pameran yang menampilkan berbagai peluang usaha dan konferensi di bidang waralaba ini akan berlangsung hingga Minggu 22 Juli 2018. Panitia menetapkan harga tiket masuk sebesar Rp 50 ribu dan terbuka untuk umum mulai pukul 10.00-21.00 WIB.

Baca Juga

Lebarkan Sayap, Super Indo Tawarkan Peluang Waralaba
Hybrid Cloud Solusi Aman Transaksi Penjualan bagi UKM
Perkuat Daya Saing IKM Komponen Otomotif, Kemenperin Jalin Kerja…
Waralaba Cara Efektif Tingkatkan Rasio Kewirausahaan
BI Terapkan Tiga Hal Ini Pasarkan UMKM Go Internasional

Industri Hari Ini

Gunpla Expo 2018 berlangsung di Mall Of Indonesia (MOI) Kelapa Gading pada 20 Juli hingga 5 Agustus mendatang.

Minggu, 22 Juli 2018 - 08:30 WIB

Gunpla Expo 2018 Sapa Pecinta Robot Rakit Gundam

Kabar gembira bagi Anda pecinta mainan robot animasi Jepang, karena kini hadir Gunpla Expo 201 8 yang berlangsung di Mall Of Indonesia (MOI) Kelapa Gading pada 20 Juli hingga 5 Agustus mendatang.…

Kamera Compact Premium, Fujifilm XF10

Minggu, 22 Juli 2018 - 08:08 WIB

Fujifilm Hadirkan XF10, Kamera Compact Premium Ultra Ringan

Fujifilm resmi meluncurkan kamera Fujifilm XF10, kamera compact premium yang ultra ringan dengan sensor ukuran APS-C dan sangat ramah bagi mereka yang berpergian. Menampilkan Bluetooth terkini,…

Sederet agensi terkenal Korea Selatan menjalin kerjasama untuk mendirikan perusahaan platform konten baru pada Kamis (19/7). (Foto: Soompi)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 19:30 WIB

Tujuh Agensi Korsel Jalin Kerjasama Dirikan Perusahaan Konten Baru

Sederet agensi terkenal Korea Selatan, mulai dari SM Entertainment, YG Entertainment, BigHit Entertainment, JYP Entertainment, FNC Entertainment, Star Empire, dan Mystic Entertainment menjalin…

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

selengkapnya airy rooms

Industri Populer

1
Kaldu dan Bumbu Masak Instan Ternyata Sumber Penyakit, Ini Alasannya Versi Lemonilo
2
Tata Motors Jajal Pasar Sumatera Selatan
3
Perang Dagang, RI berpotensi jadi Repacking produk China
4
Bila Ingin Menang, Prabowo Subianto Harus Waspada Tentukan Cawapres
5
Moeldoko Tepat Dampingi Jokowi Dua Periode
6
LIPI Prediksi Enam Partai Lolos Parlementary Treshold
7
Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Sejumlah Infrastruktur di Gorontalo
8
IFRA 2018, Apotek K-24 Tawarkan Diskon 50 Persen Waralaba
9
GAPKI Lobi Pertamina Agar Serap Kelapa Sawit
10
AP I Segera Selesaikan Tahap Konstruksi Bandara Yogyakarta

Magazine

Perry Warjiyo ANAK    PETANI NAKHODAI BI

Majalah Industry

Juni 2018
Subscribe Scoop Logo

LOWONGAN KERJA

OPINI

Pandu Sastro Wardoyo Pakar Blockchain
Membaca Peluang Baru di Era Blockchain
Bong Parnoto, Managing Director PT Rajawali Parama Konstruksi, distributor resmi Armstrong Fluid Technology, Inc.
Mendorong Adopsi Bangunan Hijau
Timnas Prancis berhasil menjuarai Piala Dunia u   sai menumbangkan Kroasia 4-2 dalam laga final Piala Dunia 2018. (FOTO: @FIFAWorldCup /Twitter)
Vive La France!
Rahmad Baagil. adalah Pengajar pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, (Foto Ist)
Try Out Menjelang Pemilu 2019
Mukti Sardjono: Direktur Eksekutif GAPKI (Foto Dok Industry.co.id)
Panasnya Hubungan Dagang Amerika Serikat dan China Mulai Pengaruhi Pasar Minyak Nabati
Sumber: Google News Waralaba